Kamis, 26 Juli 2012

UJI KOMPETENSI GURU

Kebijakan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelenggarakan Uji Kompetensi Guru (UKG) di tahun 2012 ternyata membawa pengaruh yang luar biasa bagi para guru yang sudah menyandang gelar profesional dan mengantongi sertifikat pendidik. Mereka adalah para guru yang telah lulus sertifikasi sejak tahun 2006 hingga tahun 2010, baik dari jenjang SD, SMP, maupun SMA.
Terlepas dari tujuan yang digagas pemerintah dengan uji kompetensi guru yang akan digelar mulai 30 Juli 2012 ini, ternyata dampak psikologis yang nyata kelihatan dialami oleh sebagian besar guru.
Sosialisasi yang kurang dari pemerintah menjadi salah satu faktor kebingungan ini. Banyak guru yang pada akhirnya pesimis dapat mengikuti UKG yang direncanakan secara online karena merasa tidak mampu dan belum menguasai dengan benar teknologi internet.
Fenomena ini sebenarnya merupakan gambaran yang nyata bahwa sebenarnya tidak semua guru yang telah dinyatakan profesional dengan lulus sertifikasi benar - benar berubah menjadi profesional hanya dengan bermodalkan selembar sertifikat pendidik.
Tren yang ada menjelang UKG adalah guru beramai - ramai pergi ke toko komputer untuk membeli laptop dan modem, selanjutnya dengan berbagai cara mereka belajar menggunakan komputer untuk persiapan menjelang ujian (Seandainya mereka punya laptop jauh - jauh hari sebelum UKG pasti akan lebih bermanfaat ya?)
Terlepas dari kekhawatiran rekan - rekan guru yang takut tunjangan profesi nya akan dihentikan jika tidak lulus UKG, menurut saya pemerintah sah - sah saja untuk menyelenggarakan uji kompetensi ini, akan tetapi semestinya perencanaan dan pelaksanaannya tidak dalam jangka waktu yang singkat dengan terlebih dahulu di sosialisasikan dengan matang kepada para guru sehingga mereka paham apa tujuan dan maksud uji kompetensi ini. Selain itu, uji kompetensi ini juga seharusnya tidak untuk menjadi semacam 'hantu' bagi guru yang tidak lulus kemudian dihentikan tunjangan nya, akan tetapi akan lebih bermanfaat ketika hasil uji kompetensi guru ini menjadi bahan pertimbangan untuk memetakan kebutuhan peningkatan kemampuan guru di setiap daerah di Indonesia (semacam Training Needs Assesment) sehingga pemerintah dapat dengan tepat merencanakan program pelatihan dan upgrade yang benar - benar dibutuhkan oleh para guru.

Untuk rekan - rekan guru yang butuh informasi tentang Uji Kompetensi Guru silahkan klik di sini, atau langsung kunjung ke http://ukg.kemdikbud.go.id. Rekan - rekan dapat melihat daftar peserta, mengunduh kisi - kisi uji kompetensi guru, dan bahkan bisa latihan uji kompetensi secara online.

Ok, Good luck.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda di sini:


ALEXA RANK