Minggu, 21 Agustus 2011

Info Arus Mudik Lebaran 2011

Idul fitri 1432H tinggal hitungan hari. Berbagai kegiatan kita lakukan untuk menyambut datangnya hari kemenangan bagi umat Islam sedunia. Tradisi tahunan yang hanya dijumpai di Indonesia menjelang lebaran adalah MUDIK. Mudik dalam kamus basa Jawa berarti berpindah menuju hulu (asal). Dalam perkembangannya kata mudik mengalami pergeseran makna menjadi PULKAM atau pulang kampung. Yaitu ketika seseorang pulang ke tanah kelahirannya dari tempat dia merantau atau mengadu nasib.
Nah, istilah ini terus melekat sampai sekarang kepada para kaum perantauan di tanah air. Jaman dahulu mudik sering membawa kisah memilukan karena penderitaan saudara-saudara kita dalam menempuh perjalanan, baik yang menggunakan moda transportasi laut, darat, maupun udara. Banyak kisah yang menceritakan seseorang yang akan pulang dari Jakarta ke Purwokerto harus melewatkan shalat Id diperjalanan karena keterlambatan transportasi akibat macet.
Saat ini, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk dapat melayani para mudikers sebaik-baiknya. Satu diantaranya adalah layanan baru RTTMC yang ditujukan untuk memberi kemudahan akses informasi kepadatan arus lalu lintas sepanjang jalur mudik. Layanan ini dapat diakses melalui internet dengan mengakses link http://www.rttmc-hubdat.web.id/rttmc2011/viewcctv-34-streaming.html. Kepadatan arus lalu lintas sepanjang arus mudik dari pintu tol merak sampai ke Karanganyar (Jawa Tengah) disajikan dalam bentuk video streaming dengan kualitas gambar yang cukup riil. Penasaran? Silahkan klik link tautan di atas, dalam hitungan detik akan segera tampak yang saudaraku cari. Okey...selamat datang kaum mudikers, semoga selamat sampai tujuan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda di sini:


ALEXA RANK